Bupati Mojokerto Kunjungi Home Industri Tenun di Bangsal

  • Bagikan
Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati Bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kunjungi Home Industry

MOJOKERTO, JAYA POS – Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati bersama Organis­asi Perangkat Daerah (OPD) kunjungi home industry atau rumah industri yang mem­produksi kain hasil tenunan secara tradisional, Selasa (4/1/2022).

Pengrajin tenun secara tradisional tersebut adalah Budi, warga Desa Kedun­guneng Kecamatan Bangsal Kabupaten Mojokerto Jawa Timur. Begitu tiba di lokasi rombongan langsung menuju tempat produksi yang terle­tak di rumah bagian belakang. Dalam proses produksinya Budi masih menggunakan dua alat tenun yang masih secara tradisional.

Dalam keterangannya, Budi menuturkan berawal dari mengikuti pelatihan dan pendampingan pada Dinas Perindustrian dan Perdagan­gan (Disperindag) Kabupaten Mojokerto lalu bersemangat untuk ingin mengembangkan hasil dari pelatihan tersebut hingga akhirnya telah berhas­il memproduksi tenun yang dalam sebulan bisa mencapai 60 potong kain tenun dengan harga kisaran 100 ribu sampai 200 ribu per meter.

Lebih lanjut Budi menam­bahkan, untuk pemasarannya hanya memanfaatkan mar­ketplace di platform media sosial. “Untuk menjual pro­duknya kebanyakan dengan cara konvensional, dari mulut ke mulut dan nomor ponsel,” tambahnya.

Sementara Bupati Ikfina mengaku menyukai produk kain tenun tersebut karena kain yang dihasilkan tidak panas saat digunakan dan lembut serta warnanya juga tidak luntur. “Saya berharap dari produksi tenun tersebut bisa dibuatkan motif yang leb­ih manarik serta motif khas majapahitan, sehingga bisa menarik minat pembeli,” tan­dasnya.(Red)

 46 total views,  2 views today

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *