Kearifan Lokal Tetap Berjalan Dengan Baik di Desa Salaon Untuk Mengusir Wabah

  • Bagikan
Ritual Tolak Bala di Desa Salaon Tonga-tonga Kecamatan Ronggur Nihuta.

SAMOSIR, JAYA POS – Wakil Bupati Samosir, Martua Sitanggang mengapresiasi kearifan lokal Masyarakat Salaon yang terbagi 3 Desa, Salaon Toba,Salaon Tongatonga dan Salaon Dolok yang telah melakukan ritual Tolak Bala yang sebutannya secara umum di Samosir “Marbabi Ambat, hal itu dikatakan Martua, Jumat (21/1/2022) diruang kerjanya.

Usai Ritual tersebut dilanjut  ritual mangallang Hambing Putih ( makan bersama dengan sajian lauk pauknya daging kambing yang berbuluh putih murni) sebagai kebersamaan warga bukti kemenangan menolak bala atas merebaknya penyakit yang timbul dikalangan masyarakat dan mampu melampui masa sulit selama covid-19, dilaksanakan di Desa Salaon Tonga-tonga Kecamatan Ronggur Nihuta, Kamis (20/01).

Acara Ritual turut dihadiri oleh Wakil Bupati Samosir Drs. Martua Sitanggang, MM didampingi Asisten II Hotraja Sitanggang, Plt. Kadis Pariwisata Tetty Naibaho dan Camat Ronggur Nihuta.

Martua, Ritual yang dilakukan  ini merupakan pelestarian budaya yang patut dikembangkan dan diwariskan kepada generasi muda. Budaya merupakan kekayaan yang sangat berharga dan tidak ternilai.

Ritual Mangallang Hambing Putih dilengkapi dengan sesajen berupa Sitoppian Nagodang, Rudang Najagar, Nanihopingan, Nihittang ni Andalu dan Nitak Gabut. Pelaku ritual dilengkapi dengan pakaian adat khas Batak toba.(Red)

 

 1,234 total views,  2 views today

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *